Deskripsi atas desain basis data
OLAP
Desain
basis data OLAP diatas, didapatkan dari tabel basis data OLTP soal UTS. Tabel
OLAP diatas dibuat menyesuaikan kebutuhan OLAP yang mengacu ke basis data
OLTPnya.
·
Tabel dim_pelanggan (OLAP) adalah tabel dimensi yang dibuat mengacu dari
tabel pelanggan (OLTP).
·
Tabel dim_pegawai (OLAP) adalah tabel dimensi yang dibuat mengacu pada
tabel pegawai (OLTP)
·
Tabel dim_produk (OLAP) adalah tabel dimensi yang dibuat mengacu dari
tabel produk yang juga digabung dengan tabel kategori (OLTP) karena terdapat
relasi diantara tabel.
·
Tabel dim_waktu (OLAP) adalah tabel dimensi yang didapat dari tabel
pesanan dimana ada kolom tgl_pesan dan tgl_kirim (OLTP)
·
Tabel dim_jasa_pengiriman (OLAP) adalah tabel dimensi yang mengacu pada
tabel jasa_pengiriman (OLTP)
·
Tabel dim_pemasok (OLAP) adalah tabel dimensi yang mengacu pada tabel
pemasok (OLTP)
·
Tabel fact_pesanan adalah tabel fact (tabel utama) yang berfungsi
menghubungkan tabel-tabel dimensi yang telah dibuat. Analisa dapat dilakukan
dengan menggunaka tabel fact ini. Data yang diolah pada tabel fact didapat dari
tabel dimensi yang terhubung (menggunakan foreign key).
Deskripsi atas tujuan pembentukan
basis data OLAP
Tujuan pembentukan basis data OLAP
adah untuk kebutuhan analisis suatu rangkaian database penjualan. Tujuan
tersebut untuk menganalisis hal-hal berikut:
-
Mendapat data transaksi penjualan perbulan, perminggu atau jangka waktu
yang dibutuhkan.
-
Mendapat data barang apa saja yang paling laku dijual.
-
Mendapat data produk dari kategori mana yang paling laku terjual
-
Mendapat data jasa pengiriman yang paling sering digunakan
-
Mendapat data pegawai yang sering
melayani
-
Mendapat data pemasok yang mengirim produk secara teratur / data pasokan
datang di perwaktu yang ditentukan (missal perbulan/perminggu/hari).
-
Mendapat data pelanggan mana yang sering memesan produk (segmentasi
pasar).
-
Mendapat data waktu terjadinya banyak/sedikit pesanan.
-
Mendapat data daerah yang paling banyak dijadikan tujuan pengiriman
barang/daerah yang sering belanja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar