download serba-serbi aneka konten

Breaking

Sabtu, 19 Januari 2019

Project Aplikasi Management Karyawan


A.    Deskripsi

Aplikasi Manajemen Karyawan merupakan Aplikasi berbasis web yang dibuat mengguanakan PHP, Bootstrap dan MySQL sebagai basis datanya. Aplikasi ini sebenarnya merupakan terusan dari Aplikasi Penyimpanan Data Pegawai Berbasis Web. Fungsi dari Aplikasi ini tentu untuk management karyawan, untuk menyimpan data – data karyawan sehingga perusahaan lebih mudah dalam melakukan pendataan / mencari data karyawannya. 

Aplikasi ini sudah mendukung proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) sehingga nanti datanya lebih fleksibel/dinamis, perusahaan dapat menambah data karyawan, membaca data, mengupdate data dan melakukan pendeletan data. Dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan filter dimana data bisa ditampilkan berdasarkan status kerjanya, misalnya jika kita ingin melihat data karyawan training, maka tinggal cukup menu karyawan training. Selain itu data-data tersebut bisa dirubah kapan saja, misalnya tadinya karyawan training jadi karyawan kontrak, atau tadinya karyawan kontrak jadi karyawan tetap, cukup mengedit datanya kemudian rubah status kerjanya, maka data secara otomatis juga akan ikut berubah.


B.     Fitur

Berikut ini adalah adalah penjelesan menu dari aplikasi manajemen karyawan beserta fungsinya:

1. Fitur untuk input data karyawan
            Sama halnya seperti aplikasi pada umumnya, aplimak tentunya sudah dilengkapi dengan fitur untuk menambah karyawan, data – data karyawan yang dimasukan berupada data nama, tempat/tanggal lahir, alamat, jenis kelamain, status perkawinan, jabatan, status pekerjaan, dan fitur untuk upload foto karyawan. Untuk Menambah data karyawan klik Data Karyawan -> Tambah Karyawan
                        .                                                                    

2. Melihat Data Karyawan
Data karyawan yang dilihat dibagi menjadi 4 bagian diantaranya, Semua karyawan, Karyawan Tetap, Karyawan Kontrak, dan Karyawan Training. Bila Anda klik menu semua karyawan maka seluruh data karyawan yang di input ke aplikasi akan ditampilkan sedangkan sisanya data karyawan dilihat berdasarkan status kerjanya, yaitu karyawan tetap, kontrak dan training.
Data karyawan yang terlihat pada tab/menu Semua karyawan ditampilkan menggunakan DataTables begitupun dengan data – data yang lainnya(tetap, kontrak dan training), sehingga perusahaan lebih mudah untuk mencari data hanya dengan menuliskan kata kunci tertentu pada kolom ‘search’ maka data yang dikehendai akan ditampilkan berdasarkan kata kunci yang dimasukan.

Pada kolom akses terdapat tiga icon, yaitu icon mata untuk melihat detail karyawan, pensil untuk edit data karyawan dan tong sampah untuk menghapus data karywan. Icon mata digunakan untuk melihat detail profile karyawan. Karena pada tabel semua karyawan tidak semua datanya ditampilkan, data yang ditampilkan hanya berupa nama, jabatan dan No. Tlp. Bila Anda klik icon mata maka Anda akan dibawa menuju halaman detail profile seperti berikut
Selain dari menu Semua Karyawan, dari halaman detail profile pun Anda juga bisa melakukan proses edit data. Cukup klik tombol edit, maka Anda pun akan langsung diarahkan ke halaman seperti berikut

3.Pengaturan 
Pada pengaturan terdapan menu Halaman Depan. Data pada halaman ini nantinya akan ditampilkan pada halaman Dasboard admin. Pada halaman ini berisi Home, Profile dan Visi Misi Perusahaan. Anda bisa mengubah data – datanya sesuai dengan keinginanan Anda. Klik Simpan bila data yang dinginkan sudah diinput ke form seperti dibawah ini
Data tersebut nantinya juga akan tampil dihalaman depan (index). Data yang terdapat pada halaman depan akan sesuai dengan dengan data yang berada pada halaman pengaturan > halaman depan
4.User Profile
Halaman ini digunakan untuk merubah identitas administator dari Aplikasi Manajemen Karyawan (ApliMak). Data tersebut tentunya berupa username dan password untuk login, nama pemilik, email dan foto Administrator. Anda bisa merubah data Administrator login untuk ke aplikasinya, bila semua data sudah diisi maka Anda cukup tekan tombol Update
ApliMak (Aplikasi Manajemen Karyawan) ini mungkin masih sangat sederhana, belum maksimal dan mungkin juga belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan – perusahaan yang ada. Ide pembuatan aplikasi ini berawal dari sebuah pemikiran tentang bagaimana agar seorang HRD di sebuah perusahaan bisa melakukan management karyawan dengan cara yang lebih mudah, cepat, hemat dan efisien. Meskipun keinginan tersebut belum tercapai sepenuhnya, tapi diharapkan ApliMak ini bisa membantu dalam proses manajemen karyawan disebuah perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages