Business
to Costumer (B2C) adalah kegiatan
e-bisness dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau
jasa. Secara definisi sudah dapat dipastikan atau mungkin dapat diperkirakan
bahwa model ini cocok untuk para pengusaha kecil dan menengah, itu karena :
1. Menyingkirkan perantara.
2. Penghematan biaya dan memberi kemudahan.
3. Secara teoritis, keuntungan akan lebih
mudah diraih melalui mode B2C ini karena biaya tidak tumbuh secara proporsional
dengan pertumbuhan bisnis, dalam arti pertumbuhan bisnis niscaya akan lebih
pesat dari pada biaya yang harus dikeluarkan.
4. Kebutuhan akan modal kerja yang lebih
rendah dibandingkakn dengan kasus bisnis konvensional sehingga harga pun dapat
ditekan menjadi lebih murah.
Perusahaan yang
menggunakan bisnis model B2C:
1. E-tailer
Kaktusmurah.com
Kaktusmurah.com
merupakan sebuah online store yang
menjual berbagai macam kaktus, sukulen, dan tanaman hias. Model bisnis yang
digunakan oleh Kaktusmurah.com adalah B2C atau Business to Customer E-tailer. Kaktusmurah.com ambil kaktus dan
sekulen langsung dari para petani yang ada di Bandung. Dan dikirim langsung
oleh para petaninya supaya harga bisa murah.
2. Community Provider
IVillage.com iVillage, Inc. adalah perusahaan media
massa yang mengoperasikan beberapa situs web yang fokus pada kategori yang
ditargetkan pada wanita. Selain ivillage.com, perusahaan mengoperasikan
iVillage UK, Astrology.com, GardenWeb, dan NBC Digital Health Network. Situs
web iVillage berhenti beroperasi pada 31 Oktober 2014 dan nama domain dialihkan
ke situs web Today Show, sementara nama domain lainnya dijual.
3. Content
Provider
Cnn.com
Cable News Network (CNN) adalah sebuah saluran berita kabel AS yang didirikan
tahun 1980 oleh konglomerat media asal Amerika Serikat Ted Turner. Ketika
diluncurkan, CNN adalah saluran televisi pertama yang menyiarkan liputan berita
24 jam, dan saluran televisi berita pertama di Amerika Serikat. Meski memiliki
banyak cabang, CNN justru lebih sering mengudara dari kantor pusatnya di CNN
Center di Atlanta, Time Warner Center di New York City, dan studio di
Washington, D.C. dan Los Angeles. CNN dimiliki oleh perusahaan induknya, Time
Warner, serta merupakan divisi Turner Broadcasting System.
4. Portal
Detikcom
adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia.
Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari
situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi
daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu,
Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news).
Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans
Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.
5. Transaction Broker
tdameritrade.com
Ameritrade adalah perusahaan pialang yang berbasis di Omaha, Nebraska dengan
pusat perdagangan utama di St Louis, Missouri. [2] Huruf TD berasal dari
Toronto-Dominion Bank, pemegang saham terbesar. Perusahaan menyediakan layanan
bagi individu dan lembaga yang berinvestasi secara online. Perusahaan ini
menawarkan platform perdagangan elektronik untuk pembelian dan penjualan
sekuritas keuangan termasuk saham biasa, saham preferen, kontrak berjangka,
dana yang diperdagangkan di bursa, opsi, reksadana, dan investasi pendapatan
tetap. Ini juga menyediakan pinjaman marjin, dan layanan manajemen kas.
6. Marker Creator
olx.com
Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah
situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual
produk serta jasa secara daring. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari
barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah,
peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Pada tanggal 14
November 2014, OLX Indonesia mengumumkan bahwa berniaga.com akan merger dengan
OLX Indonesia pada tahun 2015 mendatang. Proses merger sudah selesai pada bulan
Januari 2015.
7. Service Provider
hypernet.co.id
Hypernet merupakan sebuah perusahaan Managed Service provider dengan kapasitas
layanan informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan
kebutuhan pelanggan. Dengan komitmen untuk selalu memberikan layanan informasi
dan teknologi yang terbaik bagi Indonesia, Hypernet hadir guna menjawab
berbagai macam kebutuhan informasi dan teknologi yang tidak pernah berhenti
berkembang. Sebagai sebuah perusahaan Managed Service Provider, Hypernet
menawarkan layanan penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan
teknologi baik berupa perangkat lunak dan perangkat keras (software dan
hardware), beserta sumber daya manusia yang dibutuhkan ataupun dimiliki oleh
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar