download serba-serbi aneka konten

Breaking

Sabtu, 19 Januari 2019

PENgertian siStem INFORMASI


Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Komponen-komponen Sistem informasi:
ØMasukan
ØModel
ØKeluaran
ØTeknologi
ØBasis Data
ØKendali

Sistem Informasi Terintegrasi
Ã’Sering disebut Enterprise Information System (SIE)
Ã’Pengertian: sebuah platform teknologi yang memungkinkan organisasi mengintegrasikan dan mengkoordinasikan proses bisnis yang mereka miliki.
Ã’Ciri :tingkat keterpaduan (integrasi) yang tinggi untuk mengakomodasi kebutuhan data/informasi yang terpadu pula

Mengapa Integrasi?

Di Kantor Pemerintah
•  Seorang warga memerlukan layanan yang harus ditempuh dalam beberapa tahap (misal: Izin Pendirian Usaha), melalui beberapa bagian. Idealnya, warga dapat melacak sejauh mana proses layanannya sudah berjalan, tetapi pada umumnya jawaban yang didapat bersifat negatif (mis: tidak tahu sekarang prosesnya sedang berada di mana)

Di Toko
  Seorang pelanggan memesan barang secara manual. Pesanan ini dicatat, kemudian diproses secara manual pula dari satu bagian ke bagian yang lain. Data pesanan dientry setiap kali berpindah ke bagian lain, menimbulkan problem antara lain adalah kesalahan entry data, atau bahkan hilang di tengah perjalanan. Sering kali pesanan ini tertunda pemenuhannya
Di Kampus

•  Mahasiswa harus mendaftar secara berulang-ulang dibeberapa sistem informasi untuk dapat mengakses Internet via proxy dan wifi di berbagai lokasi, mendapatkan akun email, akses Perpustakaan, akses e-learning, krs dll
•  Pimpinan Universitas ingin mengetahui secara cepat dan akurat informasi seperti saldo universitas per hari ini, piutang mahasiswa hari ini, jumlah lulusan S1 yang ber IPK > 3, Persentase sebaran asal calon Mahasiswa, Mahasiswa yang melewati masa studi, Staff/Karyawan yang berasal dari wilayah tertentu, dosen yang melanjutkan studi di daerah tertentu

Kebutuhan Integrasi
Contoh-contoh sebelumnya menunjukkan bahwa tidak cukup hanya memiliki sistem-sistem informasi di bagian-bagian dari kantor atau perusahaan
•  Muncul jenis kebutuhan baru terhadap ketersediaan data/informasi
Ø  Terpadu
Ø  Berlaku di seluruh organisasi (kantor,   perusahaan, dsb)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages