Assalamuaalaikum”wr:wb selamat
pagi.
Yang terhormat bapak drs waris
wibowo m eng selaku dosen pembimbing.
Yang
terhormat bapak selaku
penguji 1 .Yang terhormat bapak sebagai penguji dua dan teman –teman seperjuangan yang
telah mau hadir untuk menyaksikan sidang saya pada pagi ini.
1. Saya
akan menceritakan sedikit pengalaman saya waktu mencari tempat praktek kerja.
2. Menceritakan
pengalaman naik kapal .
-naik
kapal bulan 10 oktober tahun 2013 sampai 10 april 2014
-sampai di atas kapal langsung bertemu dengan crew
kapal dan langsung menemui Kapten untuk
memberi tahu kalo saya taruna praktek.
Setelah menemui kapten saya di anter menemui kkm,lalu
oleh kkm saya di beri tahu kamar cadet setelah itu selama hampir 1 minggu saya
di beri tugas untuk menghapal letak” tempat di kapal serta untuk berkenalan
dengan crew kapal.setelah 1 minggu selesai setiap kapal beroperasi yang saya
kerjakan ikut dinas jaga bersama masinis jaga yaitu cek oli mesin induk cek oli ger box, cek oli
kemudi.
Selama 2 hari tidak beraktifitas saya melakukan
bersih” kapal ; Mengepel lantai kamar mesin, cuci kapal,dan membersihkan lumut”
pada dasar kapal dengan di bantu oleh crew kapal.
Tangki
harian: hanya di cek secara visual
terjadi kebocoran apa tidak pada sambungan sambungan
Perawatan
berkala tangki harian dengan cara membongkar
Mengosongkan
tangki bahan bakar, atau di pindahkan, membuka lubang main hole,memasukan udara
segar biar tidak ada gas beracun.
Tapi
tidak kami lakukan pembongkaran hanya bertanya kepada kkm.
Perawatan saringan bahan bakar
Perawatan
filter saringan hanya melakukan pengecekan secara visual, pembersihan filter
dan pengantian elemen saringan di lakukan setiap 1000 jam kerja. Dengan cara menutup keran dari tangki harian menuju
filter dan menutup keran dari filter ke mesin.
Membuka
tutup rumah filter sambil menampung sisa bahan bakar yang terdapat pada filter.
Lalu mengeluarkan busa dan elemen saringan pada filter.
Cara
pembersihan menggunakan solar dan majun
Perawatan pompa injeksi
Hanya
di lakukan pengecekan secara visual terhadap kemungkinan terjadi nya kebocoran
sedangkan perawatan pembongkaran dan pembersihan hanya di lakukan saat docking.
Perawatan injector
Tidak
di lakukan perawatan hanya saja di lakukan pergantian injector saat docking.
Pada
injector hanya di lakukan penyetelan tekanan pembukaan injector sebesar 280
kg/cm2. Itu juga tidak di lakukan.
Kesimpulan
perawatan system bahan bakar di TB ASP 20 milik pt ayodya sudah baik.
Saran
: Penambahan alat” yang sesuai standar
Tersedia
nya komponen pengantii.
SDM
kurang optimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar